7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung

7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan bangka belitung merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yakni pulau bangka dan pulau belitung. Seperti namanya yang berarti kepulauan, provinsi ini mempunyai pulau-pulau kecil lainnya, ada sekitar 470 pulau di provinsi ini dengan catatan hanya 50 pulau yang sudah berpenghuni. Provinsi ini juga memiliki luas yang lumayan besar, yakni sekitar 16.424 km², namun populasi jumlah penduduk di provinsi ini masih cukup sedikit karena banyak pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni, serta hanya dua pulau utama saja yang memiliki banyak penduduk. Tercatat ada sekitar 1 juta lebih populasi yang menempati provinsi kepulauan bangka belitung.

Salah satu kota besar yang terdapat di kepulauan bangka belitung adalah kota pangkal pinang. Pangkal pinang juga merupakan ibukota dari provinsi tersebut sekaligus pusat pemerintahanya. Kota pangkal pinang juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia sendiri, karena banyak sekali yang memberitakan sekaligus membicarakan tentang kota pinang ini. Mulai dari keadaan kotanya, sejarahnya, bentuk bangunan-bangunanya, dan juga destinasi-destinasi wisatanya. Salah satu hal yang paling dikenal oleh banyak orang tentang bagka belitung adalah daerah penghasil timah, serta beberapa makanan khas daerah dan juga budayanya, yakni lempah kuning dan ritual adat buang jung.

Karena banyaknya pulau yang tidak berpenghuni, beberapa pulau diantaranya dikelola oleh pemerintah maupun masyarakat untuk dijadikan sebuah objek wisata. Maka jangan heran jika di daerah kepulauan terdapat banyak sekali wisata pantai dan juga laut. Akan tetapi di bangka belitung juga terdapat beberapa tempat wisata selain laut dan pantai jika sobat merasa bosan dengan kedua itu bahkan tempat-tempat itu cukup populer dan hits dikalangan anak remaja. Dibawah ini merupakan destinasi wisata paling populer dan paling hits yang ada di provinsi kepulauan bangka belitung.

7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung


1. Hutan Mangrove
7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung

Hutan mangrove merupakan salah satu kekayaan negeri yang harus dijaga dan dilestarikan. Kawasan ini merupakan kawasan penghisupan warga, akan tetapi berkat kesadaran pemerintah dan juga masyarakat setempat potensi hutan mangrove ini digunakan dan dikelola dengan baik sehingga sekarang ini sudah dibuka menjadi tempat wisata. 

Bagi sobat yang belum sama sekali menikmati keindahan hutan mangrove sembari menjelajahi dan menyusuri hutan mangrove maka sobat bisa mencobanya langsung sekarang. Hutang mangrove sendiri berlokasi di kurau barat, kecamatan koba, kabupaten bangka tengah. Di tempat ini sobat bisa menikmati pesona hutan mangrove yang masih asri serta suasana yang sejuk dan alami.

2. Pantai Penyusuk

Pantai penyusuk merupakan salah satu pantai yang terkenal di provinsi kepulauan bangka belitung. Pantai ini sering kali didatangi oleh para wisatawan luar pulau maupun luar negara. Pantai ini memiliki pesona yang menakjubkan dan tentunya ciamik indah. pantai penyusuk dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau sehingga terlihat asri. 

Hamparan batu granit yang melengkung dengan berbagai macam ukuran menghiasi garis pantai sehingga menambah pesona pantai penyusuk. Pantai ini juga sering disebut sebagai mutiara bangka, karena pesona alamnya yang membuat orang-orang berdatangan. Lokasi pantai penyusuk sendiri berada di jalan penyusuk, bukit ketok, kecamatan belinyu, kabupaten bangka. Tarif untuk memasuki kawasan wisata ini yakni dibandrol sekitar Rp. 10.000 saja setiap orangnya.

3. Danau Kaolin
7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung

Danau kaolin merupakan salah satu danau tercantik sekaligus menjadi tempat wisata yang populer di kepulauan bangka belitung. Lokasi danau koalin yakni berada di jalan raya desa, nibung, kecamatan koba, kabupaten bangka tengah. Sebelum menjadi tempat wisata yang populer, dulunya danau ini merupakan daerah bekas pertambangan timah. Danau kaolin disebut juga sebagai danau biru karena warna airnya yang terlihat biru. Hal itulah yang menjadi minat dan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Berfoto di danau kaolin merupakan momen yang dinanti-nanti oleh pada pemain instagram. apalagi jika memiliki kamera yang mempunyai kualitas tinggi, tentunya hasil jepretan pun tidak akan membohongi. Danau ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan juga menakjubkan. Danau ini juga sebagai kembaranya ciwidey, karena panorama yang disediakanya hampir sama terlebih lagi dari aroma belerangnya.

4. Bukit Menumbing

Di bangka belitung sendiri terdapat sebuah bukit yang cukup terkenal dan juga cukup menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya, nama bukit itu adalah bukit manumbing. Panorama alam yang dihadirkan bukit ini tidak kalah menarik dengan panorama-panorama tempat wisata lainnya yang ada di bangka belitung. Bukit manumbing sendiri terletak di kecamatan muntok, kabupaten bangka barat, tempat ini berada di ketinggian 355 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang cukup bersejarah. DI tempat ini terdapat sebuah wisama yang dulunya ditinggali oleh presiden pertama indonesia yakni soekarno. Karena tempat ini berada di atas ketinggian maka udara di sekitarnya pun akan terasa dingin dan sejuk.

5. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden merupakan salah satu objek wisata eksotis yang masih tersembunyi di belitung, tempatnya di jalan raya pasir padi - temberan, kecamatan bukit intan, kabupaten pangkal pinang. Keindahan dan pesona akan bangka botanical garden sudah perlu diragukan dan dibicarakan lagi. Tempat ini merupakan menjadi ikon tersendiri bagi mayarakat pulau bangka. Bangka botanical garden memiliku luas wilayah sekitar 300 hektar.

Selain bermain dan berwisata ke tempat ini, sobat juga bisa belajar sedikit mengenai agroteknologi. Belajar dalam suasana dan nuansa alam yang sejuk menjadikan fokus kita semakin bertambah karena belajar dalam keadaan dan suasana yang tenang membuat fokus semakin bertambah.

6. Jembatan Emas


Jembatan emas merupakan salah satu jembatan terpanjang yang ada di pulau sumatera. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 785 meter dengan lebar 23 meter. Jembatan emas berlokasi di ketapang, kecamatan pangkal batam, kabupaten pangkal pinang. Meskipun merupakan objek wisata buatan, akan tetapi tempat ini memiliki pengunjung yang lumayan cukup ramai. Jembatan ini sebagai media penghubung antara kota pangkal pinang dan kabupaten bangka.

Salah satu hal yang cukup unik dari jembatan ini adalah sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga jembatan ini memiliki sistem buka tutup. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini karena memiliki panorama alam yang indah, dimana sobat juga bisa melihat sungai yang memisahkan kota pangkal pinang dan kabupaten bangka. 

7. Gurun Pelawan
7 Destinasi Wisata Paling Populer dan Paling Hits di Kepulauan Bangka Belitung

Gurun pelawan menjadi salah satu tempat unik dan menarik yang ada di bangka belitung. Ketika berada di tempat ini sobat akan merasakan pesona dan suasana layaknya berada di area gurun yang ada di afrika maupun asia. Tentunya hal tersebut bisa menjadi gambaran bagi sobat yang penasaran akan padang pasir. Gurun pelawan terbentuk akibat aktifitas pertambangan. Akan tetapi seiring berjalanya waktu tempat ini kini menjadi objek wisata yang cukup populer.

Jika sobat penasaran akan tempat yang satu ini, sobat bisa mengunjungi alamtanya langsung yang berlokasi di kecamatan namang, kabupaten bangka tengah. Selain gurun yang luas, tempat ini juga memiliki danau-danau kecil disekitarnya, sehingga panorama alam yang ditawarkanya akan terlihat menakjubkan. Pastikan kosongkan memory handphonemu saat berkunjung ke tempat ini karena terdapat banyak sekali spot foto yang indah dan menakjubkan.

Komentar