Destinasi Wisata di Kalimantan Utara yang Indah dan Mempesona

Destinasi Wisata di Kalimantan Utara yang Indah dan Mempesona

Kalimantan utara merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau kalimantan tepatnya di bagian utara pulau kalimantan. Luas provinsi ini yakni sekitar 71.827 km². Secara tidak langsung kalimantan utara berbatasan langsung dengan tetangga malaysia, yakni bagian sabah dan serawak. Tanjung selor merupakan salah satu kota terbesar yang ada di kalimantan utara, kota ini juga merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini. Provinsi ini terbagi menjadi 1 kota dan 4 kabupaten. Perlu sobat ketahui, provinsi kalimantan utara merupakan provinsi termuda di indonesia. Provinsi ini terbentuk melalui rapat sidang paripurna DPR.

Terdapat beberapa fakta menarik tentang provinsi kalimantan utara diantaranya ialah penduduk kalimantan utara masih sedikit, melalui sensus yang dilakukan pada tahun 2010 tercatat jumlah penduduk pada suatu kecamatan di provinsi ini kurang lebih dari 1000 jiwa. Tentunya hal tersebut berbeda dengan masa kini yang sudah mengalami kenaikan yang pesat. Selain itu fakta menarik lainnya tentang provinsi ini adalah terdapatnya sebuah pulau dua negara. Mungkin sobat binggung akan hal itu, akan tetapi hal tersebut terjadi dan hanya ada di provinsi ini, nama pulau tersebut adalah pulau sebatik.

Kalimantan Utara terkenal akan destinasi wisatanya yang memiliki keindahan luar biasa dan mempesona. Tak sedikit wisatawan asing maupun lokal berdatangan ke provinsi ini untuk menghabiskan waktunya dan berlibur. terdapat beberapa tempat wisata di kalimantan utara yang indah dan juga mempesona yang sayang apabila dilewatkan, jika sobat penasaran akan tempat-tempat wisata di kalimantan utara yang mempunyai keindahan dan pesona luar biasa, bisa sobat simak secara langsung dibawah ini.

Destinasi Wisata di Kalimantan Utara yang Indah dan Mempesona


1. Bukit Damai

Bukit damai merupakan tempat yang cocok bagi sobat yang sedang mencari ketangan dan kedamaian. Bukit ini berlokasi di Jalan MT Haryono, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Bukit ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan karena menawarkan suasana yang indah dan damai. Seperti ciri khas perbukitan pada umumnya, bukit ini juga merupakan perbukitan berwarna hijau dengan dipenuhi oleh ilalang-ilalang menarik sehingga udara disekitar pun akan terasa cukup dingin dan segar. Jangan lupa juga bagi sobat yang berniat mengunjungi tempat ini untuk membawa peralatan pemotretan terbaik, agar hasil yang diabadikan juga terlihat lebih bagus.

2. Pantai Kelapa Mangkupadi

Bersantai di pantai sekaligus meneguk sebuah kelapa merupakan momen yang tentunya diinginkan oleh setiap orang. Di sumatera utra sendiri terdapat sebuah pantai yang indah dan cukup populer di kalangan banyak orang pantai tersebut adalah pantai mangkupadi. Alasan mengapa pantai ini mempunyai nama kelapa adalah karena di sekitar pantai ini ditumbuhi oleh pohon kelapa. Selain untuk membuat suasana menjadi sejuk pohon-pohon kelapa tersebut juga menambah keindahan dan pesona akan pantai yang satu ini.

Banyak hal yang bisa sobat lakukan di pantai ini selain bersantai dan menikmati sebuah kelapa, diantaranya adalah berenang, menyelam, menyusuri pantai, dan menaiki perahu bersama teman maupun keluarga. Tentunya momen yang sobat habiskan di tempat yang satu ini tidak akan pernah terlupakan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah hari sabtu atau hari libur. Pantai kelapa mangkupadi terletak di Tanah Kuning, Kecamatan Tj. Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

3. Pantai Eching

Pantai eching merupakan pantai lainnya yang memiliki pesona dan keindahan yang memukau. Pantai ini merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan momen liburan bersama keluarga maupun teman. Obak di pantai ini juga cukup tenang, sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang. Seperti yang kita ketahui, pantai merupakan tempat terbaik untuk melihat momen matahari terbit maupun terbenam, sobat juga bisa melihat momen tersebut di pantai ini sambil berfoto-foto. Sobat juga bisa melihat keindahan pantai ini dari ketinggian melalui mersucuar yang berada di dekat pantai. Jika sobat berminat untuk pergi ke pantai ini sobat bisa langsung datang ke Jalan Ujang Dewa, Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan.

4. Kebun Raya Binusan

Kalimantan terkenal akan hutan trofisnya yang lebat dan luas yang tersebar di setiap provinsi salah satunya provinsi kalimantan utara. Karena kelebatan hutannya inilah pulau kalimantan disebut sebagai paru-paru dunia. Terdapat berbagai jenis flora dan fauna liar yang hidup di hutan trofis yang dijaga denga baik. Salah satu destinasi wisata yang memiliki hutan trofis adalah kebun raya binusan yang terletak di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan. Selain menjadi objek wisata, tempat ini juga menjadi sarana edukasi.

Tempat ini selalui ramai di kunjungi oleh wisatawan, apalagi jika di akhir pekan. Terdapat beberapa spot menarik yang bisa sobat rasakan. SUasana asri, udara sejuk dan dingin dapat membuat sobat nyaman saat berada di tempat ini sekaligus menghilangkan rasa penat.

5. Gunung Putih

Gunung putih atau nama lainnya ialah gunung kapur, merupakan dataran tinggi yang terletak di Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan. Perpaduan antara gunung kapur yang tinggi dan area pesawahan sekitar membuat panorama dan keindahan tempat ini semakin menjadi-jadi. Sobat bisa melihat langsung pemandangan di sekitar pegunungan dengan dua cara, yakni menggunakan drone bagi sobat yang takut akan ketinggian, dan dengan menaiki gunung kapur bagi sobat yang menyukai pendakian. Baik pendaki pemula maupun mahir bisa mendaki gunung ini hanya dalam hitungan saja, karena akses menuju puncak gunung ini cukup mudah dan sudah menggunakan anak tangga.

6. Pulau Sebatik

Pulau sebatik terletak di Tanjung Karang, Kecamatan Sebati, Kabupaten Nunukan. Pulau menyimpan sejuta cerita dan pesona keindahan. Secara tidak langsung pulau ini juga berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni malaysia. terdapat hal yang unik dan menarik di tempat ini, salah satunya adalah penggunaan mata uang secara bersama. Terdapat juga beberapa wisata menarik lainya di tempat ini, salah satunya adalah wisata budaya. Wisata budaya di pulau ini sangat patut di acungi jempol karena terjaga dengan kental dan cukup baik. Mungkin sebagian dari sobat tahu, akan susahnya menjaga suatu kebudayaan dan melestarikanya secara turun-temurun.

7. Long Bawan Krayan

Long Bawan Krayan merupakan sebuah desa yang terletak di Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan. Desa ini menyimpan pesona keindahan yang tiada banding dan juga keeksotisanya yang membuat orang tertarik berkunjung ke tempat ini. Salah satu hal yang pautu di acungi jempol dari desa ini adalah memegang teguh adat dan istiadat. Suku dayak lundayeh merupakan penduduk asli yang tinggal di desa ini. Untuk mengakses desa yang satu ini terbilang cukup sulit, sobat hanya bisa mengaksesnya melalui udara. Air terjun, perbukitan yang hijau, dan sungai yang indah menjadi salah satu daya tarik akan tempat wisata yang satu ini.

Komentar