5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

Pulau sulawesi atau yang dulunya di kenal dengan sebutan celebes merupakan pulau terbesar ke empat dari lima pulau besar yang ada di indonesia dan juga merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau ini memiliki luas 180.681 km2 dengan angka populasi penduduk berkisar sebanyak 18.455.058 jiwa (2014). Titik tertinggi pulau sulawesi berada di gunung latimojong, tepatnya berada di kabupaten enrekang, provinsi sulawesi selatan. Pulau sulawesi terletak di sebelah timur kalimantan dan sebelah barat kepulauan maluku.

Meskipun Tidak memiliki luas sebesar pulau papua dan kalimantan. namun faktanya pulau sulawesi memiliki populasi yang cukup banyak dibandingkan dari kedua pulau besar tersebut. Dalam hal angka populasi penduduk, pulau sulawesi menduduki urutan ketiga, pulau jawa berada di urutan pertama sementara sumatera berada di urutan ke dua. Dari sini mungkin sobat bisa menyimpulkan bahwa meskipun sebuah pulau memiliki luas yang lebih besar bukan berarti angka populasi penduduk juga tinggi, faktanya pulau jawa sendiri, meskipun luasnya menempati urutan kelima akan tetapi memiliki angka populasi penduduk yang banyak diantara ke empat pulau besar lainya.

Pulau sulawesi memiliki tiga teluk, tiga teluk tersebut diantaranya yakni Teluk Tomini, Teluk Tolo, dan Teluk Bone. Teluk-teluk tersebut memiliki fungsi untuk memisahkan semenanjung-semenanjung yang ada di pulau ini. Pulau sulawesi sendiri memiliki empat semenanjung yang membentang, diantaranya semenanjung utara, timur, selatan, dan tenggara. 

Tentunya dengan bentangan yang luas, pulau sulawesi memiliki tempat-tempat yang unik, indah, dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan tak jarang juga wisatawan asing berdatangan ke pulau tersebut. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk berlibur di pulau sulawesi dan berencana untuk mengunjungi beberapa tempat, maka kami akan merekomendasikanya kepada sobat beberapa tempat wisata terkenal dan hits di pulau sulawesi yang cocok untuk liburan. Apa saja tempat-tempat wisatanya ? simak berikut ini.

5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

1. Tana Toraja

Tana toraja berlokasi di lemo, kecamatan makale utara, kabupaten tana toraja, provinsi sulawesi selatan. Tempat ini memiliki luas kurang lebih sekitar 2.054,30 km² serta tingkat populasi penduduk mencapai 270.489 jiwa (2021).Tana Toraja adalah tempat wisata yang cocok bagi sobat yang ingin berlibur sembari belajar. Di tempat ini sobat akan mempelajari banyak hal. Tak hanya wisata alam saja yang sobat bisa nikmati di tempat ini, wisata budaya juga bisa sobat nikmati sembari menambah pengetahuan sobat sekalian, mulai dari rumah adat khas toraja, pakaian adat, dan kebudayaanya. Selain itu sobat juga bisa menikmati dan mencicipi makanan khas daerah toraja. 

Tana toraja sendiri terkenal dengan kebudayaanya yang unik, salah satunya adalah tradisi pemakaman toraja. Bahkan tradisi ini bisa mendatangkan wisatawan asing. Karena keunikan dari budayanya itulah, tempat wisata tana toraja bisa sampai terkenal ke mancanegara. Maka sangat sayang sekali jika sobat tidak berkunjung ke tempat ini ketika sedang berlibur di pulau sulawesi.

2. Taman Laut Bunaken
5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

Wisata berikutnya adalah taman laut bunaken, mungkin diantara sobat ada yang pernah melihat tempat ini melalui buku maupun media atau mungkin ada yang sudah berkunjung langsung. Bagi sobat yang melihat tempat ini melalui media mungkin sobat akan menyangka tempat ini biasa saja, akan tetapi bagi sobat yang sudah berkunjung ke tempat ini secara langsung mungkin mempunyai gambaran lain tentang tempat ini, sobat yang sudah pernah ke tempat ini bisa menceritakan betapa indahnya tempat ini ke sobat yang belum pernah ke tempat ini. Taman laut bunaken memiliki luas kurang lebih sekitar 890 km² dan terletak di Liang Beach Bunaken, Kecamatan Wori, Sulawesi Utara.

Bagi sobat yang menyukai wisata air, tempat ini menjadi rekomendasi utama di pulau sulawesi. Tujuan utama wisatawan mengunjungi tempat ini adalah untuk menikmati terumbu karangnya. Pasalnya terdapat ratusan macam terumbu karang dan berbagai jenis spesies ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut lainya. Jadi itu semua bisa sobat lihat sembari melakukan penyelaman. Di jamin deh sobat tak akan pernah menyesal ketika berkunjung ke tempat ini. 

3. Wakatobi
5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

Tempat wisata terkenal selanjutnya adalah wakatobi. Wakatobi terletak di kecamatan wangi-wangi, kabupaten wakatobi, provinsi sulawesi tenggara. Wakatobi terdiri dari beberapa pulau yang indah dan menakjubkan, pulau-pulau tersebut diantaranya wangi-wangi, kaledupa, tomia, dan biongko. Banyak orang berpendapat bahwa taman nasional wakatobi merupakan salah satu surga laut yang paling indah di muka bumi. Munurut ekspedisi yang dilakukan, hampir semua jenis koral yang ada di muka bumi berada di bawah laut wakatobi. Hal ini tentunya membuktikan betapa kayanya laut daerah ini.

Untuk menikmati keindahan lautnya, sobat bisa menyelam dengan peralatan menyelam yang sobat bawa maupun sewa. Terdapat sekitar ratusan jenis koral yang bisa sobat lihat saat melakukan penyelaman. Selain memiliki pemandangan laut yang indah, wakatobi juga memiliki pemandangan pantai yang mempesona sehingga cocok digunakan untuk bersantai sembari meneguk air kelapa hijau. Bagi sobat yang berminat untuk berkunjung ke wakatobi kami harapkan sobat untuk melakukan penyelaman, karena tidak akan sempurna apabila sobat berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat-lihat saja.

4. Taman Nasional Windu

5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

Taman nasional windu merupakan salah satu taman perlindungan hayati di indonesia. Taman nasional ini berjarak sekitar 60 km dari kota palu dan terletak di saluki, kecamatan gumbasa, kabupaten sigi, kecamatan lore utara, kabupaten poso, provinsi sulawesi tengah. Taman ini memiliki luas yang sedang jika dibandingkan dengan taman nasional lainya yang ada di indonesia. Luas taman nasional windu yakni sekitar 2.180 km². Meskiun terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan taman nasional lainya, akan tetapi taman nasional ini kaya akan flora dan faunanya.

Akses untuk mencapai taman nasional ini cukup terbilang menantang, untuk sampai di tujuan sobat harus melakukan sedikit pendakian dengan jalan yang lumayan cukup ekstrem. Akan tetapi ketika sobat sudah mencapai tujuan, sobat tidak akan dikecewakan dengan suasana yang ada di tempat itu. Setelah sobat melakukan pendakian dan sampai di tempatnya sobat akan menemukan hutan asri dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona yang belum dijelajahi di sertai dengan flora dan fauna yang ada di tempat itu. Di Tempat ini sobat akan menemukan beberapa macam jenis hewan dan tanaman liar.

5. Pantai Losari
5 Tempat Wisata Terkenal dan Hits Di Pulau Sulawesi Cocok Untuk Liburan

Siapa bilang di sulawesi tidak ada pantai yang indah seperti pulau-pulau lainya ? sulawesi juga memiliki pantai andalanya yakni pantai losari. Tidak seperti pantai-pantai lainya, pantai losari merupakan pantai buatan. Meskipun begitu pantai ini selalu ramai dan sesak dikunjungi oleh pengunjung, pengunjung pun tidak hanya dari dalam negeri, akan tetapi juga dari luar negeri. Pantai losari terletak di sebelah barat kota makasar tepatnya di Jalan. Somba Opu, Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, provinsi sulawesi selatan.

Keindahan pemandangan dan strukturnya yang terbilang cukup rapi membuat orang penasaran akan tempat ini. Tempat ini banyak dikunjungi orang pada waktu pagi hari, siang hari, dan sore hari. Pada pagi hari tentunya ingin melihat matahari terbit, pada siang hari menaiki perahu dan banana boat, dan pada sore hari berfoto sambil melihat matahari terbenam. Bagi sobat yang berada di kota makasar jangan lupa untuk mampir ke pantai buatan yang indah ini, agar sobat bisa melihat dan merasakan langsung keindahanya.

Komentar