Rekomendasi 6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

Rekomendasi 6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

Pulau kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di indonesia di antara jajaran lima pulau besar di indonesia, serta merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau kalimantan memiliki nama lainya yakni Borneo. Pulau ini terletak di sebelah utara pulau jawa dan sebelah barat pulau sulawesi. Pulau kalimantan sendiri di bagi menjadi tiga macam wilayah, yakni wilayah indonesia, wilayah malaysia, dan wilayah brunei darussalam. Pulau kalimantan memiliki luas sekitar 743.330 km² dengan tingkat populasi penduduk yakni 23,720,000 jiwa (2020). Titik tertinggi di pulau kalimantan yakni berada di gunung kinabalu, dengan ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut.

Pulau kalimantan dikenal juga dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" hal tersebut dikarenakan pulau ini memiliki banyak sekali sungai. Selain itu juga, kalimantan terkenal akan hutan yang lebat terutama hutan trofisnya, yang menjadikan pulau ini di sebut juga sebagai paru-parunya indonesia. Meskipun memiliki hutan yang amat lebat, akan tetapi bukan berarti pulau ini tidak memiliki perkotaan yang maju. Di pulau ini juga terdapat beberapa kota maju sama halnya di pulau jawa, bahkan kota di kalimantan mendapatkan julukan sebagai kota terbersih se-asia tenggara.

Selain itu pulau kalimantan juga terkenal kaya akan sumber daya alamnya. sumber daya alam yang melimpah bisa ditemukan di pulau ini, mulai dari hasil hutan, perkebunan, dan hasil tambang minyak dan gas alam. Pulau ini juga memiliki banyak objek wisata yang terkenal dan menarik. Nah bagi sobat yang memiliki hobi trekking dan berpetualang, pulau kalimantan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk sobat kunjungi untuk menghabiskan waktu libur sobat sembari menghilangkan rasa penat. 

Bagi sobat yang berniat atau akan menghabiskan waktu untuk berlibur di pulau kalimantan dan kebingungan mencari destinasi tempat yang akan di tuju maka sobat tidak perlu khawatir, karena tim kami sudah merangkum dan mencatatnya beberapa tempat wisata terbaik dan juga terkenal yang ada di pulau kalimantan yang cocok untuk berlibur. yuk mari kita lihat dan simak tempat-tempat terbaik dan terkenal yang ada di kalimantan.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

1. Pulau Derawan
Rekomendasi 6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

Pulau derawan adalah sebuah objek yang berlokasi di kepulauan derawan, kecamatan derawan, kabupaten berau, provinsi kalimantan timur. Bagi sobat yang menyukai hobi bermain air seperti berenang dan menyelam, mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan utama sobat untuk berlibur dan menghabiskan waktu. Tempat ini terkenal akan objek wisata baharinya yang menawan. Terutama taman bawah lautnya. Selain itu juga, sobat bisa melakukan aktivitas-aktivitas seru lainya seperti snorkeling, diving, bermain di pesisir pantai, dan menjelajah pulau-pulau kecil dengan menyewa sebuah perahu.

Pesona dan keindahan taman bawah laut di pulau derawan ini terbukti banyak mengundang wisatawan, baik penyelam lokal maupun mancanegara, mereka saling berlomba-lomba untuk melihat keindahan taman laut tersebut. Tentunya hal tersebut baik, agar tempat ini semakin terkenal bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Gimana sobat ? apakah tertarik untuk mengunjungi pulau derawan.

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Siapa bilang pasar hanya berada di daratan saja ? faktanya pasar pun bisa berada di perairan atau bahkan mungkin di udara. Orang-orang mengunjungi pasar untuk melakukan kegiatan proses jual beli. sama halnya dengan pasar-pasar lainya, pasar terapung lok banintan juga beroperasi untuk melakukan kegiatan jual beli, akan tetapi yang membedakan pasar ini dengan pasar yang lainya adalah pasar ini terapung di atas air sedangkan pasar biasanya hanya di daratan. Itulah salah satu keunikan pasar lok banintan yang bisa diketahui. Pasar ini berlokasi di Jalan Sungai Tandipah, Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, kalimantan selatan.

Pasar Terapung lok banintan di kenal juga dengan sebutan pasar terapung sungai martapura. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke pasar ini untuk menghabiskan waktunya sembari berbelanja serta berinteraksi dengan orang-orangnya, dan ada juga orang-orang yang hanya datang untuk mengambil foto di pasar ini dan perlu sobat ketahui, bahwa spot foto di tempat ini cukup menjanjikan dan juga keren. Nah bagi sobat yang ingin membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang, mungkin sobat bisa mengunjungi tempat ini.

3. Bukit Jamur Bengkayang
Rekomendasi 6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

Bukit jamur adalah salah satu objek wisata yang cukup populer di kabupaten bengkayang. Bukit ini juga memiliki nama lainya, yakni bukit batu. Alasan utama bisa disebut bukit batu adalah, bukit ini memiliki banyak tumpukan bebatuan besar di atas bukitnya. Bukit Jamur sendiri berlokasi di Bhakti Mulya, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang. Bukit ini memiliki ketinggian ketinggian kurang lebih sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Bagi sobat yang memiliki hobi mendaki gunung, mungkin sobat perlu mendaki bukit yang satu ini. Meskipun memiliki ketinggian yang terbilang cukup rendah, akan tetapi nuansa alam yang diberikan tidak kalah jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya. Tentunya untuk melakukan pendakian memerlukan kondisi fisik yang sehat dan juga bugar agar pendakian bisa berjalan dengan lancar. Ketika sobat mencapai puncak dari bukit ini, saat di waktu yang pas sobat akan melihat berbagai keindahan alam yang menjulang, seperti momen matahari terbit maupun terbenam , dan tentunya saat melihat momen negeri di atas awan, yang banyak di tunggu oleh orang-orang.

4. Danau Sentarum

Tempat wisata terkenal berikutnya adalah danau sentarum. Danau sentarum merupakan danau musiman yang terletak di kapuas hulu, kalimantan barat. Danau ini disebut juga sebagai danau musiman. Alasan danau ini disebut sebagai danau musiman adalah karena ketika musim hujan tiba, danau akan terlihat seperti kumpulan air yang meredam hujan, akan tetapi ketika musim kemarau tiba danau ini akan mengalami penyusutan sehingga akan terlihat hutan dan padang dengan sedikit air.

Jika sobat berniat untuk berkunjung ke tempat ini, disarankan agar sobat datang tepat pada musim hujan. Karena di waktu itulah banyak wisatawan yang berkunjung untuk melihat danau ini. Alasan lainnya adalah agar sobat bisa bermain air dan menjelajahi danau ini. Sobat bisa menjelajahi danau ini dengan menggunakan perahu motor milik warga setempat yang disewakan.

5. Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah objek wisata air lainnya yang terkenal di pulau kalimantan. Pantai ini terletak di kota balikpapan, provinsi kalimantan timur. Akses untuk mencapai pantai melawai terbilang cukup mudah, sobat bisa mencapai pantai ini menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik taksi maupun angkutan kota. Dari kota balikpapan sendiri, untuk mencapai pantai ini hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 15-20 menitan saja. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup mendukung dan menunjang.

Pantai ini sering kali di datangi oleh pemuda-pemudi dari kota balikpapan karena letaknya yang terbilang cukup dekat. Adapun juga wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke pantai ini untuk melihat keindahan pantai ini. Puncak keramaian pantai melawai ini berada pada sore dan malam hari, Khususnya di waktu malam minggu. banyak orang yang menongrong di sisi pantai sembari melihat denyutan ombak yang membentang.

6. Taman Nasional Tanjung Puting
Rekomendasi 6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal Di Pulau Kalimantan

Taman nasional tanjung puting merupakan taman nasional terkenal di pulau kalimantan, bahkan keindahan taman nasional ini sudah diakui oleh dunia. Taman nasional ini terletak di Teluk Pulai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi kalimantan tengah. Taman ini didirikan pada tahun 1982 dengan luas kurang lebih sekitar 3.550 km2. 

Pokoknya bagi sobat jangan sampai lupa untuk mengunjungi taman nasional ini. Selain karena keindahanya, taman ini juga terdapat beberapa macam satwa yang bisa kita lihat secara langsung seperti beruang, bakantan, rusa, kucing liar, dan masih banyak juga satwa lainya yang bisa kita lihat. Selain itu juga tempat ini memiliki hutan trofis yang lumayan lebat yang cocok untuk digunakan sebagai spot foto, ada juga hewan langka lainya yang di jaga dan dilindungi sebut saja hewan itu adalah orang utan. 

Komentar