7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

Jawa barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau jawa, letak geografis provinsi jawa barat berada pada 5º50' sampai 7º50' Lintang Selatan dan 104º 48' sampai 108º 48' Bujur Timur dengan luas wilayah sekitar 35.377,76 km2 dengan angka kepadatan penduduk berada di angka 48.274.162 jiwa pada tahun 2018 silam. Kota Bandung merupakan ibukota dari provinsi jawa barat, yang dimana menjadi salah satu pusat industri dan juga perekonomian terbesar. Terdapat sekitar 70% lebih suku sunda menduduki provinsi ini dan 30% merupakan suku lainya, alasan menggapa suku sunda lebih banyak adalah karena suku sunda adalah penduduk asli provinsi jawa barat.

Jawa Baear sendiri terkenal akan keindahan alamnya serta tanahnya yang subur yang cocok digunakan sebagai pertanian dan perkebunan. Bandung sendiri adalah pusat kota utama dari provinsi jawa barat sekaligus ibukotanya, tahukah sobat ? sebagian kota bandung terletak pada dataran tinggi lho. Hal ini bisa sobat buktikan ketika berkunjung ke bandung dan menjelajahi kotanya. Sobat sendiri akan menemukan perbedaanya di setiap daerahnya, ada daerah yang memiliki udara dingin dan adapula daerah yang memiliki udara panas.

Ketika liburan tiba, masyarakat bandung seringkali ada yang pulang ke kampungnya dan ada pula yang mencari tempat-tempat liburan untuk melepaskan rasa penat mereka setelah bekerja secara terus menerus. Mereka sering kali pergi keluar kota dan menuju desa untuk menghilangkan suasana perkotaan, namun adapula sebagian dari mereka yang keluar kota hanya ingin berlibur dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak ada dikotanya terutama mengunjungi pantai, mungkin sobat merupakan salah satunya.

Salah satu pantai yang mencolok perhatian banyak orang di jawa barat adalah pantai pangandaran. pantai ini terletak di desa pangandaran dan pananjung, kecamatan pangandaran, kabupaten pangandaran. Pantai ini memiliki keindahan yang tiada batas, pasir hitam dan pasir putih yang terletak di cagar alam pananjung merupakan salah satu penambah keindahan pantai ini.

Akan tetapi perlu sobat ketahui, jawa barat tentunya memiliki tempat-tempat wisata lainya yang indah selain pangandaran. Ada sekitar ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Dibawah ini merupakan sedikit ulasan tentang tempat-tempat wisata terbaik yang ada di jawa barat selain pangandaran, tempat-tempat ini juga tak kalah indah dengan pangandaran. Jadi, mari kita lihat apa saja tempat wisata yang ada di jawa barat tersebut.

7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran


1. Pantai Cipatujah

Selain pantai pangandaran, jawa barat juga memiliki pantai indah lainya yakni pantai cipatujah. Pantai cipatujah berlokasi di tasikmalaya tepatnya di pasanggrahan, cipatujah, tasikmalaya. Meskipun tak seramai dan setenar pantai pangandaran, akan tetapi pantai ini juga memiliki keindahan yang menawan dan ciri khasnya tersendiri. 

Eksotisme pantai cipatujah akan lebih indah apabila dilihat pada pagi hari maupun sore hari. Harga tiket untuk masuk ke pantai ini juga terbilang cukup murah, sobat hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 saja, dengan begitu sobat sudah bisa memasuki pantai cipatujah ini. Apabila sobat hendak berkunjung ke pantai pangandaran dengan melewati jalur tasikmalaya, maka tidak ada salahnya sobat berkunjung ke pantai yang ini juga karena pantai pangandaran dan cipatujah memiliki jalan akses yang sama apabila dari arah tasikmalaya.

2. Green Canyon
7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

Siapa bilang green canyon hanya terletak di luar negeri saja ? green canyon juga ada lho di indonesia, salah satunya di jawa barat. Green canyon ini berlokasi di desa kertayawa, pangandaran ini memiliki beribu macam pesona yang harus anda nikmati dan anda saksikan secara langsung. Batu-batu stalaktik yang tertata menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Tak sedikit juga wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jika sobat memiliki hobi menjelajah dan berpetualang, kami sarankan agar sobat mengunjungi tempat ini, di jamin gak bakal bikin nyesel dan juga bosan. Sembari menyusuri sungai cijulang, sobat akan di hadirkan berbagai macam keasrian tempat ini, tebing-tebing yang menjulang tinggi akan terlihat ketika sobat sedang menyusuri sungai, selain itu juga sobat akan menyusuri goa-goa yang akan dilewati oleh perahu yang sobat tumpangi. Tentunya dengan banyaknya pesona dan keasrian green canyon ini, dapat membuat memori ponsel sobat menjadi bengkak karena banyaknya foto yang sobat ambil, dikarenakan banyaknya spot foto yang bagus dan juga cantik.

3. Taman Sakura
7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

Jepang sendiri merupakan negara yang terkenal akan taman sakuranya. Sama halnya green canyon, untuk melihat taman sakura juga sobat juga harus berkunjung ke jepang untuk melihat dan menyaksikanya. Akan tetapi perlu sobat ketahui, untuk melihat taman sakura sobat tidak perlu melakukan perjalanan sejauh itu dan tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sobat hanya perlu mengunjungi kebun raya cibodas, karena di sanalah taman sakura ini berada.

Taman sakura ini beralamat lengkap di Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Taman wisata ini banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Untuk memasuki tempat wisata ini, tidak perlu mengeluarkan banyak uang, sobat sendiri hanya perlu membawa uang sekitar Rp. 50.000 saja, maka dengan begitu sobat bisa melihat dan menyaksikan langsung taman sakura tanpa harus pergi kejepang.

4. Kawah Putih
7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

Keindahan dan pesona kawah putih tentunya sudah tidak bisa dielakan lagi. Kawah putih sudah banyak dikenal oleh banyak orang khususnya masyarakat jawa barat, tak sedikit juga orang luar provinsi yang berkunjung ke tempat ini. Kawah putih bandung terletak di puncak gunung patuhu, ciwidey, bandung selatan. Rata-rata suhu di tempat ini yakni berkisaran 8 sampai 22 derajat, yang dimana suhu tersebut terbilang rendah dan tentunya udaranya pun akan dingin.

Untuk mencapai tempat ini, sobat akan dihadirkan dengan pemandangan kebun teh sepanjang perjalanan, suasana yang dihadirkan akan berbeda dengan perkebunan teh lain pada umumnya. Setelah sampai di tujuan maka sobat harus memakai pakaian yang hangat, karena udara di kawah putih yang dingin. Meskipun kawah putih memiliki keindahan yang elok dan romantis, sobat juga tentunya harus hati-hati dengan bau belerang yang menyengat yang dapat merusak sistem pernafasan. Maka untuk antisipasi, gunakan dan bawalah masker ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

5. Stone Garden
7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Paling Populer dan Wajib di Kunjungi Selain Pangandaran

Stone garden yang berarti taman batu adalah sebuah obejk wisata yang terletak di gunung masigit, cipatat, padalarang. Tidak seperti bukit biasanya, bukit ini memiliki keunikan tersendiri, dimana di atas bukitnya terdapat banyak bebatuan. Mungkin alasan itulah kenapa tempat ini di kenal dengan sebutan stone garden. Tidak semua orang tahu akan eksotis dan keindahan dari bukit ini karena dulunya bukit ini tidak terlalu cukup terkenal. Akan tetapi bukit ini menjadi terkenal karena banyak orang yang mengupload fotonya di bukit ini dan sekarang bukit ini cukup dikenal di kalangan banyak orang.

Untuk bisa berfoto dan menikmati keindahan bukit ini, sobat memerlukan sedikit perjuangan untuk mendapatkan hal tersebut karena letaknya yang berada di atas bukit. Mungkin tidak masalah bagi sobat yang sering melakukan pendakian, akan tetapi bagi yang tidak pernah melakukan pendakian sama sekali sobat harus sedikit bersabar dan harus sedikit mengeluarkan tenaga. Akan tetapi setelah berhasil mencapai puncak bukit ini, semua rasa lelah akan terbayarkan dengan pesona dan juga eksotis bukit ini.

6. Kampung Karuhun

Bagi sobat yang menyukai wisata alam dengan keadaan tenang disertai dengan suara alam, mungkin kampung karuhun bisa menjadi destinasi yang tepat. Kampung karuhun sendiri berlokasi di Jalan Pagarbetis, Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata yang satu ini cukup lumayan terkenal di kalangan masyarakat sumedang, akan tetapi tak sedikit pula wisatawan yang berdatangan ke tempat ini.

Di tempat ini sobat bisa melakukan berbagai hal-hal seru dan menarik, diantaranya menaiki ATV, futsal lumpur, petualangan, waterboom, dan juga tentunya teman bisa melakukan kemah eksklusif. Sobat juga bisa menikmati keindahan alam seperti pesawahan dan hutan trofis yang hijau. Selain itu juga sobat bisa sobat bisa menikmati jernihnya air sungai di padu dengan udara yang sejuk. Tempat ini juga memiliki fasilitas yang mencukupi, sehingga sobat tidak perlu khawatir.

7. Alam Panenjoan

Wisata Alam panenjoan merupakan salah satu objek wisata yang berada di purwakarta dan berlokasi di desa sindang panon. Awalnya wisata alam panenjoan tidak sebegitu terkenal, akan tetapi sering dengan berjalanya waktu tempat ini sudah banyak di datangi oleh para wisatawan. Dari kota purwakarta sendiri, jarak tempat ini sekitar 17KM dan setidaknya membutuhkan waktu 1 jam untuk mencapai tempatnya.

Kata Panenjoan sendiri memiliki makna yang berarti memandang, di tempat ini kita bisa melihat pemandangan perkebunan teh yang cantik dan menawan. Untuk melihat pemandangan cantik tersebut, sobat bisa menyaksikanya melalui balkon yang sudah disediakan. Selain melihat perkebunan teh, sobat juga dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang tentunya mempesona. Jangan lupa juga agar sobat mengabadikan momen di alam panenjoan ini.

Komentar