7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Sumatera Terbaik dan Terpopuler

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Sumatra Terbaik dan Terpopuler 2022

Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di indonesia dari 5 pulau terbesar di indonesia. Sumatra menempati tempat ke 3 sebagai salah satu pulau terbesar di indonesia. Pulau sumatra memiliki luas sekitar 473.481 km² dengan tingkat populasi sebanyak 58,557,211 jiwa menurut sensus yang dilakukan pada tahun 2020. Pulau ini terletak di bagian barat indonesia, pulau ini memiliki bentuk membujur dari utara ke selatan. sumatra juga terkenal dengan tanahnya yang subur karena berada pada kawasan jajaran gunung berapi.

Selain menjadi pulau tersebar ke 3 di indonesia, sumatra juga menjadi pulau di indonesia yang memiliki banyak provinsi, terhitung ada 10 provinsi yang ada di pulau sumatra, diantaranya ialah provinsi aceh, sumatra utara, sumatra barat, riau, jambi, bengkulu, sumatra selatan, kepulauan bangka belitung, lampung, dan kepulauan riau. Hal tersebut tentunya menjadi suatu kebangaan bagi masyarakat pulau sumatra.

Pulau sumatra juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang beragam mulai dari wisata budaya maupun wisata kuliner, bahkan ada juga yang terkenal hingga ke mancanegara. salah satu ikonik pulau sumatra yang begitu terkenal ialah Danau Toba. Danau Toba sendiri sudah terkenal di kalangan banyak orang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. tentunya hal tersebut membuat kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga dengan hal tersebut. 

Nah bagi sobat yang ingin berlibur sekaligus menghabiskan banyak waktu di pulau sumatra sobat bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di pulau sumatra terbaik dan terpopuler yang akan di rekomendasikan oleh tim kami.

7 Tempat Wisata di Pulau Sumatra Terbaik dan Terpopuler

1. Danau Toba
7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Sumatra Terbaik dan Terpopuler 2022

Siapa yang yang tidak kenal dengan danau toba? danau yang satu ini sudah tidak asing bagi sobat yang mempunyai hobi berwisata. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, danau ini terkenal hingga ke mancanegara, banyak wisatawan asing maupun lokal berdatangan untuk melihat secara langsung danau ini dan juga melihat keindahaanya yang mempesona. tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita sebagai rakyat indonesia, dan juga meningkatkan pemasukan untuk negara dalam bidang pariwisata.

Danau Toba terletak di provinsi sumatra utara, dan juga masuk di beberapa kabupaten, diantaranya kabupaten samosir, toba samosir, simalungun, karo, tapanuli utara, humbang hasundutan, dan dairi. Danau toba sendiri masuk dalam jajaran danau vulkanik terbesar di dunia, memiliki luas 1.130 km², panjang 100 Km, dan lebar 30 Km menjadikanya sebagai danau terbesar di indonesia. Danau ini juga berada pada ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Danau Toba sendiri memiliki cerita dan sejarahnya sendiri. Sebelum terbentuk danau dulunya danau toba merupakan salah satu gunung vuknanik purba yang meletus sekitar 74 ribu tahun lalu, sehingga akhirnya terbentuklah danau toba. nah bagi sobat yang ingin berkunjung dan melihat langsung danau toba, sobat bisa langsung pergi karena tidak akan dikenakan biaya untuk melihatnya, akan tetapi berbeda lagi jika sobat ingin memasuki tempat wisata sekitar danau toba.

Sobat akan disajikan pemandangan yang indah disertai dengan perkampungan dengan rumah adat yang masih berdiri kokoh, dan juga udara yang asri yang menjadikan sobat ingin tinggal selamanya di sana.

2. Pulau Mandeh

Pulau mandeh dikenal juga dengan sebutan raja ampatnya sumatra dikarenakan pemandangan dan juga suasana yang terbilang mirip dengan raja ampat yang berada di pulau papua. Ketika sobat mengunjungi pulau mandeh, sobat akan disajikan dengan pemandangan bukit di sekeliling disertai dengan teluk dan gugusan pulau kecil sehingga membuat sobat malas untuk pulang. Apalagi jika sobat berangkat pada waktu matahari terbit dan matahari terbenam, suasana dan keindahan alam tentunya akan bertambah. 

Pulau mandeh sendiri terletak di sumatra barat tepatnya ada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Berjarak sekitar 56 km dari pusat Kota Padang. Nah gimana sobat, apakah sobat tertarik untuk berkunjung ke pulau mandeh.

3. Danau Maninjau
7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Sumatra Terbaik dan Terpopuler 2022

Selain danau toba, ada juga danau terkenal lainya di pulau sumatra. sebut saja danau maninjau. Meskipun danau maninjau tak seluas dan tak sebesar danau toba, danau maninjau juga tak kalah indah dalam hal alamnya. Danau maninjau terletak di sumatra barat tepatnya 140 kilometer sebelah utara kota padang, danau ini memiliki luas 99,5 km² dengan panjang 16 km dan luas 7 km. Danau maninjau terbentuk akibat erupsi vulkanik dari gunung sitinjau puluhan ribu tahun yang lalu.

Beberapa hal yang bisa sobat lakukan ketika di danau maninjau diantaranya ialah memancing ikan. Sangat banyak sekali jenis ikan yang ada di danau maninjau, diantaranya ikan nilem, hampal, bang tageh, semah daun, dan masih banyak lagi jenis ikan lainya. Saat memancing kita juga akan di hadiahi dengan pemandangan air danau yang unik yaitu warna biru dengan perpaduan warna hijau yang memanjakan mata sekaligus membuat sobat nyaman ketika memancing. Pokoknya sobat tidak akan pernah menyesal ketika berkunjung ke danau maninjau, sebab perjalanan yang sobat habiskan di jamin terbayar lunas.

4. Danau Ranau
7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Sumatra Terbaik dan Terpopuler 2022

Danau ranau juga salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi ketika berada di pulau sumatra. danau ini juga tak kalah indah jika dibandingkan dengan danau toba dan danau maninjau, bahkan danau ranau sendiri merupakan salah satu danau terbesar kedua di pulau sumatra setelah danau toba. Danau ranau memiliki luas sekitar 125,9 km² dengan kedalaman 174 meter. Danau Ranau di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatra Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Ketika sobat menginjakan kaki di tempat ini, pertama-tama sobat akan di sambut oleh udara yang sejuk dan juga menyegarkan. Selain itu sobat juga akan di sambut dengan pemandangan alam yang asri dan juga eksotis. Sobat juga bisa melakukan kegiatan lainya ketika berada di danau ranau, seperti bermain wahana air, bersantai di pemandian air panas, mendatangi air terjun, dan mengunjungi pulau di tengah pulau. 

5. Pulau Pamutusan

Selain pulau mandeh, wisata laut yang wajib kalian kunjungi selanjutnya yaitu pulau pamutusan. Pemandangan alam di pulau pamutusan juga tak calah cantik dengan pulau mandeh. pulau ini memiliki bentuk memanjang dengan luas kurang lebih sekitar 8 hektar. nama pamutusan bukan sembarangan di buat, pasalnya ketika air laut sedang pasang pantai putih ini akan ikut tergenang oleh air sehingga tidak terlihat lagi, hal tersebut pun membuat pulau pamutusan terlihat terbelah menjadi dua. maka fenomena tersebut pun menjadi inspirasi nama pamutusan yang berarti putus.

Bagi sobat yang bertanya dimana letak pulau pamutusan, pulau pamutusan terletak di sumatra barat tepatnya di Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. Banyak hal yang bisa sobat lakukan ketika berkunjung ke pulau pamutusan, diantaranya ialah snorkeling, yaitu kegiatan menyelam semabari menikmati keindahan terumbu karang. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di pulau pamutusan ialah berenang, menyusuri pulau pamutusan, dan sightseeing atau menaiki bukit untuk melihat keindahan lainya dari atas bukit.

6. Pulau Mursala

Berbeda dengan pulau mandeh dan pamutusan, pulau mursala sendiri terletak di tapanuli tengah, sumatra utara. Pulau mursala juga tak kalah jauh jika dibandingkan dengan pulau mandeh dan juga pulau pamutusan. Pulau mursala sendiri memiliki luas sekitar 8000 ha dan menjadikanya sebagai pulau terbesar di wilayah kabupaten tapanuli tengah. Pulau ini memiliki daya tariknya sendiri yaitu air terjun yang mengalir langsung ke laut.

satu fakta unik tentang pulau mursala, yaitu pernah dijadikan tempat syuting film hollywood, yakni film kingkong. Hal ini tentunya membuat kita sebagai orang indonesia bangga karena tempat tersebut  langsung di soroti oleh media asing. Nah bagi sobat yang hobi nonton film dan belum pernah ke pulau mursala, coba deh sobat melihat film kingkong yang dimana pulau mursala dijadikan tempat syuting. sobat bisa menilai sendiri tentang seberapa bagus dan indah pulau mursala melalui film kingkong. akan tetapi akan lebih bagus lagi kalau sobat mengunjungi langsung pulau mursala agar bisa melihat langsung keindahanya.

7. Pulau Weh

Pulau weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut sumatar, atau tepatnya berada di laut andaman, provinsi aceh. Pulau we juga biasa dikenal dengan sebutan pulau sabang. pulau ini memiliki ketinggian 617 meter dengan luas 120,7 km². Pulau we menjadi ikonik masyarakat provinsi aceh. Banyak yang bisa kita lakukan di pulau weh, salah satunya ialah berenang dan menyelam sembari menikmati terumbu karang. Terumbu karang di pulau we masih terjaga dengan baik. Terumbu karang ini menjadi rumah dari sekian banyak spesies ikan yang ada di pulau weh.

Selain menikmati terumbu karang, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berenang bersama lumba lumba, menikmati kuliner khas pulau we, dan juga melihat sunrise dan juga sunset. Hal tersebut tentunya semakin sempurna apabila kita bersama keluarga kita ataupun orang tercinta kita. Pokoknya ketika sobat berkunjung ke pulau weh, kami jamin sobat akan terpikat oleh pesona kecantikan alamnya dan tentunya membuat sobat semakin betah.

Komentar