8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Pulau jawa adalah pulau terkencil diantara 5 pulau besar yang ada di indonesia. Pulau jawa terletak di kepulauan sunda besar, memiliki luas sekitar 128.297 km² dengan tingkat populasi 147,795,436 jiwa (2020). Pulau jawa menempati urutan ke 13 dalam jajaran pulau terluas di dunia. Meskipun pulau jawa memiliki luas terkecil diantara ke 4 pulau lainya, nyatanya pulau jawa di huni oleh 60% populasi penduduk di indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pendatang dari luar pulau yang berpindah atau menetap sementara di pulau jawa.

Banyak sekali cerita sejarah dan hal menarik lainya di pulau jawa. Pulau jawa menjadi pusat dari beberapa kerajaan hindu-buddha, kesultanan islam, pemerintahan kolonial belanda, hingga tempat terjadinya proses kemerdekaan indonesia. Di pulau jawa sendiri memiliki banyak ras, suku, kebudayaan, dan juga aliran agama. Akan tetapi meskipun memiliki perbedaan masyarakatnya tetap hidup berdampingan dan juga makmur. Tiktik tertinggi di pulau jawa berada di gunung semeru, dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Pulau jawa juga terkenal akan tanahnya subur yang baik untuk pertanian.

Setelah sebelumnya kita membahas tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di pulau sumatra maka kali ini kita akan membahas tempat wisata terkenal dan populer lainya yang ada di pulau jawa. Sebenarnya sangat banyak sekali tempat wisata terkenal dan populer di pulau jawa, akan tetapi tidak usah khawatir karena tim kami sudah memperhitungkanya dan juga sudah merangkumnya untuk sobat semua. penasaran kan tempat apa wisata apa saja yang akan kami rekomendasikan ? nah berikut ini destinasi wisata di pulau jawa yang terkenal dan juga populer yang harus anda kunjungi.

8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

1. Kawah Putih
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Kawah putih merupakan objek wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat pulau jawa, khususnya jawa barat. Kawah putih yang berada di bandung ini terletak di alam endah, kecamatan rancabali, kabupaten bandung, provinsi jawa barat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang menjadi daya tarik kawah putih ini adalah karena warna airnya yang memiliki warna putih kebiruan yang tentunya cantik apabila di lihat secara langsung.

kawah putih sendiri menjadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen. ketika sobat mengunjungi kawah putih alangkah baiknya sobat memakai pakaian yang tebal karena udaranya yang benar-benar dingin, selain itu juga sobat harus hati-hati dengan bau belerangnya, karena baunya yang sangat kuat bisa menganggu sistem pernafasan. Maka dari itu diharapkan agar sobat memakai masket ketika berkunjung ke tempat ini agar terhindar dari bau belerang yang sangat kuat.

2. Candi Borobudur
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Candi Borobudur berlokasi di Jalan. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, jawa tengah. Candi ini adalah salah satu candi peninggalan buddha, yang dibuat dengan batuan padat yang disusun secara rapi dan terstruktur, bahkan tidak goyah sedikitpun. Candi Borobudur memiliki 3 tingkat yaitu kamadhatu (dunia keinginan), rupadhatu (dunia berbentuk) dan arupadhatu (dunia tak terbentuk). ketika tingka tersebut dibedakan melalui relief-relief yang ada pada candi.Candi borobudur juga masuk dalam 7 keajaiban dunia yang tentunya membuat kita sebagai masyarakat indonesia bangga.

Candi borobudur menjadi salah satu wisata hits dan tersohor ke mancanegara. Panorama yang dihadirkan sangat menyejukan indra penglihatan. apalagi letaknya yang cukup strategis. Ketika sobat berkunjung ke candi borobudur, dari atas sobat akan melihat pemandangan yang indah, apalagi jika sobat berfoto pada petang hari, menyaksikan matahari terbenam di candi adalah salah satu momen yang tidak akan terlupakan dalam hidup.

3. Ujung Kulon

Ujung kulon atau sebutan lainya taman nasional ujung kulon adalah salah satu taman nasional yang berada di pulau jawa, tepatnya terletak di ujung barat pulau jawa yang berlokasi di ujung jaya, kecamatan sumur, kabupaten pandeglang, provinsi banten. karena letaknya yang berada di ujung pulau jawa, maka dinamakanlah taman nasional ujung kulon. Banyak hal yang bisa sobat lakukan di taman nasional ujung kulon ini, diantaranya jelajah pulau, menelusuri goa, dan mendaki bukit. Pemandangan alam dan udara yang sejuk menyambut sobat ketika tiba sampai di tempat.

Di Taman nasional ujung kulon juga terdapat beberapa tempat destinasi wisata yang sayang untuk di lewatkan. Terhitung ada 8 tempat wisata yang bisa sobat kunjungi, diantaranya pulau peucang, padang penggeumbalaan cidaon, padang penggeumbalaan cibunar, gua sanghyang sirah, kepulauan handeuleum, pulau panaitan, sumber air panas cibiuk, dan habitat owa jawa di curug cikarang. Destinasi-destinasi tersebut memiliki keuinikanya masing-masing. Bagi sobat yang suka dengan wisata air mungkin bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Meskipun banyak hal yang bisa kita lakukan di taman nasional ujung kulon, akan tetapi jangan sobat lewatkan atau lupakan untuk acara utamanya, yakni melihat badak bercula satu yang saat ini sudah mulai langkai.

4. Bromo dan Semeru
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Siapa sih yang tidak kenal dengan bromo dan semeru. ya mungkin hanya sebagian orang saja yang hanya mengenal bromo dan semeru melalui pendakian. Bromo dan semeru adalah 2 tempat yang berbeda, akan tetapi kedua tempat ini mendapatkan predikat salah satu tempat wisata terbaik di indonesia. Tempat ini berlokasi di Ranu Pani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang.

Ketika sobat hendak mengunjungi baik bromo maupun semeru sobat akan merasakan sensasi petualangan yang tidak akan pernah terlupakan. Apalagi kalau sobat memiliki hobi mendaki, maka sobat bisa coba untuk mendaki gunung semeru, gunung semeru sendiri adalah salah satu gunung tertinggi di indonesia dan juga merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Semua rasa lelah sobat akan terbayarkan dengan keindahan matahari terbit, dan juga pemandangan alam yang indah nan mempesona.

5. Bukit Sikunir
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Jawa tengah dipenuhi dengan wisata dataran tinggi, salah satunya ialah bukit sikunir dieung yang terletak di Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. Bagi sobat yang mempunyai hobi untuk memburu sunrise atau sunset, maka kami sarankan sobat untuk berkunjung ke tempat ini. Wonosobo sendiri menjadi salah satu tempat favorit untuk berwisata. Hal pertama yang sobat dapatkan ketika berkunjung ke bukit sikunir ialah sobat akan disambut dengan udara dingin dan sejuk disertai dengan gunung-gunung yang berhadapan dengan bukit, yang menjadikan spot fotomu makin sempurna.

Bukit sikunir juga mensupport sobat untuk melakukan pendakian, untuk mencapai puncaknya pun sobat hanya perlu memakan waktu kurang lebih 30 menitan saja. Bukit ini memiliki ketinggian yang cukup lumayan tinggi, yakni 2300 meter diatas permukaan laut. Bukit sikunir juga masuk sebagai salah satu destinasi wisata favorit di dieng. Maka dari itu cobalah berkunjung ke bukit sikunir ketika sobat sedang berada di dieng, agar sobat bisa merasakan sendiri keindahan dan pemandanganya secara langsung.

6. Pantai Pangandaran
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Pantai pangandaran sendiri sudah menjadi ikonik masyarakat jawa barat setiap tahunnya. Pasalnya ketika libur panjang menanti, pantai yang satu ini selalu menjadi sasaran kunjungan oleh masyarakat dalam kota maupun luar kota. Bahkan melalui vidio yang beredar diperlihatkan betapa banyaknya wisatawan yang memenuhi pantai pangandaran. Keindahan pantainya dan juga suasana alamnya yang indah dan memesona menjadikan daya tarik untuk wisatawan berkunjung. Gelombang ombak di pantai pangandaran tidak deras, sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Selain berenang, banyak juga hal lainya yang bisa sobat lakukan di pantai pangandaran, seperti menaiki perahu, dan berselancar. Selain pantai pangandaran ada juga pantai pasir putih yang tak kalah cantik. Untuk bisa berkunjung ke pantai pasir putih sobat bisa melaluinya dengan menaiki perahu di pantai pangandaran itu sendiri. Nantinya sobat akan diantar ke pantai pasir putih, untuk akses pulangnya pun sobat tinggal menghubungi si pengendara perahu tadi, karena dengan begitu nantinya sobat akan di jemput segera.Pantai pangandaran sendiri terletak di kecamatan pangandaran, kabupaten pangandaran, provinsi jawa barat.

7. Kawah Ijen
8 Tempat Wisata di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal dan Populer Yang Harus di Kunjungi

Jika jawa barat terkenal dengan kawah putihnya, maka jawa timur mempunyai kawah ijen yang tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan kawah putih. Kawah ijen sendiri terletak di Perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, provinsi jawa timur. Kawah ijen tak kalah tenarnya dengan candi borobudur. Bahkan kawah ijen juga termasuk tempat wisata terkenal hingga kemancanegara. Meskipun perjalanan untuk ke kawah ijen membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, akan tetapi itu semua akan terbayarkan dengan pesona dan keindahan yang ditawarkan.

Kawah ijen sendiri berada di gunung ijen, jadi ketika sobat mendaki maka ketika akan pulang, sobat bisa mengunjungi kawah ijen terlebih dahulu. Hal unik dari kawah ijen adalah terkenal dengan sebutan blue fire. Blue fire tersebut akan terlihat di sekitaran kawah ijen ketika matahari belum terbit. Kami jamin sobat tidak akan rugi ketika mengunjungi kawah ijen.

8. Telaga Warna

Telaga warna juga termasuk salah satu destinasi wisata yang ada di dieng. Seperti yang kita ketahui, dieng adalah salah satu dataran tinggi dengan pesona yang tidak terhitung jumlahnya. Selain jadi tempat yang cocok untuk menikmati sunrise dan sunset, dieng juga memiliki wisata air yakni telaga warna. Telaga warna ini berlokasi di Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

Nama telaga warna bukan hanya omong kosong semata. nyatanya telaga ini memang di hiasi oleh beberapa warna yang berbeda, diantaranya hijau, ungu, kuning, hingga warna pelangi. Bagi sobat yang merasa penat, cobalah untuk berkunjung ke telaga warna ini, karena ketika sobat melihat keindahan alami telaga ini, rasa penat sobat pasti akan hilang seketika.

Komentar