6 Destinasi Wisata Populer dan Terkenal Di Pulau Papua Yang Wajib Dikunjungi

6 Destinasi Wisata Populer dan Terkenal Di Pulau Papua Yang Wajib Dikunjungi

Apa sih yang sobat ketahui tentang pulau papua ? papua atau sebutan lainya new guinea adalah pulau terbesar di indonesia diantara ke 5 pulau utama. Pulau papua memiliki luas sekitar 786.000 km². Meskipun pulau papua memiliki luas yang jauh lebih besar dibandingkan ke empat pulau lainya, akan tetapi nyatanya tingkat populasi di pulau papua lebih sedikit dibandingkan dengan tingkat populasi di pulau jawa. Terhitung tingkat populasi di pulau papua pada tahun 2020 mencapai 14,800,000 jiwa. Hal tersebut tentunya 1/10 tingkat populasi yang ada di pulau jawa.

Titik tertinggi di indonesia juga berada di pulau papua lho sobat, ya titik tertinggi di indonesia berada di puncak jaya dengan ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut. Puncak jaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan Piramida Carstensz secara tidak langsung menjadi gunung tertinggi di indonesia. Hebatnya lagi puncak jaya juga masuk dalam kategori 7 puncak tertinggi di dunia. Hal tersebut tentunya mengundang wisatawan wisatawan asing untuk berkunjung dan mencoba untuk mendaki puncak tertinggi yang ada di indonesia itu. Keunikan puncak jaya ini adalah terdapat bongkahan es di atas puncak yang membedakanya dengan puncak-puncak gunung lainya yang ada di indonesia.

Pulau papua juga dikenal dengan surganya indonesia, karena memiliki alam yang indah dan tentunya beberapa hewan langka. Selain itu juga pulau papua sangat terkenal akan kaya sumber daya mineral logam, seperti emas, perak, dan tembaga. Tentunya hal tersebut digunakan oleh perusahaan besar untuk melakukan pertambangan di pulau papua, dan tentunya kita harus tetap berharap agar aktivitas pertambangan tidak merusak keindahan pulau papua.

Di pulau papua juga terdapat beberapa tempat wisata populer dan juga terkenal lainya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Nah bagi sobat yang akan liburan ke pulau papua atau yang sedang menetap di pulau tersebut, sobat bisa coba mengunjungi beberapa tempat wisata populer dan terkenal yang ada di pulau papua. Penasaran kan tempatnya apa saja ? yuk mari kita simak.

6 Destinasi Wisata Populer dan Terkenal Di Pulau Papua Yang Wajib Dikunjungi


1. Raja Ampat
6 Destinasi Wisata Populer dan Terkenal Di Pulau Papua Yang Wajib Dikunjungi

Siapa sih orang yang tidak kenal atau mendengar nama raja ampat. Apabila sobat baru tahu dan baru mendengar raja ampat dari artikel yang kami tulis, maka kami akan menerangkan secara detail tentang raja ampat. Raja ampat adalah salah satu destinasi wisata yang wajib banget untuk sobat kunjungi apabila jika ingin berlibur ke pulau papua. Jangan sampai sobat melewatkan untuk berlibur ke raja ampat. Pasalnya keindahan alamnya mampu memikat wisatawan lokal maupun mancanegara. Suasana yang disajikan tentunya dapat membuat sobat menjadi nyaman dan semakin ingin banyak menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Raja Ampat berlokasi di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat dan memiliki luas kurang lebih 4,6 juta hektare. Raja ampat memiliki 4 pulau besar yaitu waigeo, sisool, batanta, dan salawati, dan juga tentunya pulau-pulau kecil lainya. Salah satu aktivitas yang bisa sobat lakukan di raja ampat adalah menyelam. Sobat tentunya tidak akan pernah dikecewakan oleh pemandangan bawah lautnya. Karena raja ampat sendiri memiliki biota laut yang beragam. Ada sekitar ribuan jenis ikan dan juga penyu laut yang siap menemani sobat ketika sedang melakukan penyelaman. Gimana ? tertarik untuk berkunjung ke raja ampat.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman nasional teluk cendrawasih menjadi tempat destinasi wisata populer dan terkenal lainya yang wajib sobat kunjungi ketika akan berlibur ke pulau papua, khususnya bagi sobat yang memiliki sisi pecinta binatang. Berbeda dengan taman nasional biasanya, taman nasional teluk cendrawasih didominasi oleh 90% perairan dengan luas 1.453.500 hektar dan juga merupakan taman nasional perairan laut terluas di indonesia. Letak taman nasional ini berada di teluk cendrawasih, provinsi papua barat.

Terdapat juga beberapa destinasi wisata di taman nasional teluk cendrawasih yang bisa sobat kunjungi, diantaranya adalah pulau rumberpon, pulau nusrowi, pulau mioswar, pulau roon, serta pulau yoop. Salah satu aktivitas utama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menyelam. tercatat ada sekitar ratusan jenis ikan dan moluska yang ada di taman nasional teluk cendrawasih yang dapat sobat saksikan ketika menyelam.

3. Lembah Baliem

Lembah baliem terletak di pegunungan jaya wijaya, papua barat, tempat ini ditempati oleh 3 suku yang berbeda yaitu suku dani, yali, dan lani. Tentunya ketiga suku tersebut akan menyambut kita dengan ramah dan baik saat kita berkunjung ke tempat ini. Lembah ini memiliki luas sekitar 1600 km² dan memiliki suhu 10-15 derajat padamalam hari dan 15-20 derajat pada siang hari.

Saat berkunjung ke lembah baliem, sobat akan dimanjakan oleh pemandangan yang mempesona dengan dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Sobat tidak hanya mendapatkan pengalaman wisata alam saja, sobat juga bisa mengenal wisata budaya. Sobat bisa mengenal langsung kebudayaan di tempat ini karena kebudayaan di tempat ini terbilang cukup kental. salah satu festival budaya yang terkenal adalah festival lembah baliem.

4. Danau Sentani
6 Destinasi Wisata Populer dan Terkenal Di Pulau Papua Yang Wajib Dikunjungi

Danau sentani merupakan danau terbesar yang ada di papua. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 9.360 hektar. Danau ini berlokasi di jayapura, papua. Danau sentani juga dihiasi oleh 21 pulau yang berbeda yang tentunya menambah keindahan danau ini. Selain itu juga, danau ini menjadi sumber air utama dari beberapa sungai, baik sungai-sungai kecil maupun besar.

Hal-hal yang bisa sobat lakukan ketika berkunjung ke danau ini diantaranya ialah berenang, memancing, dan berkeliling danau dengan menyewa perahu. Namun tak hanya itu, sobat juga bisa menikmati wisata kuliner di tempat ini sekaligus mengenal makanan khas daerah sini. Dengan keindahan alam dan pemandanganya, danau ini menjadi lokasi wisata fovorit yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

5. Taman Nasional Wasur

Selain taman nasional teluk cendrawasih, ada juga taman nasional terkenal lainya di pulau papua. Taman yang di maksud adalah taman nasional wasur. Di taman nasional ini kita bisa melihat langsung fauna langka dan juga unik yakni burung kasuari. Di taman nasional ini terdapat beberapa macam jenis flora dan fauna yang bisa kalian temui. Taman ini memiliki hutan sabana terluas di indonesia, bahkan di asia.

Taman Nasional wasur sendiri terletak di bagian tenggara provinsi papua, tepatnya di kabupaten marauke. Taman nasional ini memiliki luas kurang lebih sekitar 413.810 Hektar. Kalau sobat mempunyai hobi berpetualang, tempat ini sangat cocok dan direkomendasikan. Hal yang bisa sobat lakukan saat berkunjung ke taman nasional wasur diantaranya berkuda, menyusuri sungai, dan juga ada pariwisata berbasis budaya.

6. Pantai Base-G

Siapa bilang di pulau papua tidak ada wisata pantai ? nyatanya ada juga pantai yang cantik di pulau papua. Pantai Base-G atau nama lainya pantai tanjung ria adalah pantai yang berlokasi di kota jayapura. Alasan di sebut pantai Base-G adalah karena dulunya pantai ini di jadikan sebagai basis militer pada perang dunia 2. Meskipun pantai ini dulunya dijadikan basis militer akan tetapi tetap banyak wisatawan yang berdatangan ke pantai ini.

Pesona dari pantai ini bisa menghilangkan rasa penat bagi yang mengunjunginya. Dentuman ombak yang tidak terlalu beras bisa merilekan sobat ketika sedang berada di pantai ini. Pasir pantai yang putih dan air yang jernih tentunya semakin membuat kita tertarik untuk pergi ke pantai tersebut. Selain itu pemandangan alam sekitarnya menjadi tambahan agar pantai dan suasananya terlihat lebih indah.

Komentar