Simak Tempat Wisata di Kabupaten Bima NTB Terbaru dan Terhits 2022

Simak Tempat Wisata di Bima NTB Terbaru dan Terhits 2022

Bangnanda.com - Bima merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian timur pulau sumbawa, provinsi nusa tenggara barat. Luas wilayah dari kabupaten bima yaitu kurang lebih sekitar 3.405,63 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 532.677 jiwa dan kepadatan penduduk sekitar 156/km2. Sebagian besar wilayah dari kabupaten ini merupakan dataran tinggi bertekstur pegunungan sisanya merupakan dataran. Kabupaten bima memiliki sejarah yang lumayan cukup panjang, kabupaten ini berdiri pada tanggal 5 Juli 1640 M yang dimana pada saat itu Sultan Abdul Kahir dinobatkan sebagai Sultan Bima I. Selain itu kabupaten ini juga memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Gowa (Makasar). Dikatakan bahwa hubungan antara bima dan gowa sudah terjalin selama kurun waktu 1625–1819 (194 tahun).

Selain terkenal akan sejarahnya yang lumayan panjang, kabupaten bima juga terkenal akan keindahan alamnya bahkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke nusa tenggara barat. Kabupaten ini menyimpan banyak sekali potensi dari destinasi wisatanya yang tentunya tidak kalah indah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di indonesia. Mulai dari pantai, pegunungan, dan destinasi wisata lainnya bisa sobat temui saat sobat berkunjung ke daerah yang satu ini. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang berdatangan ke bima, akan tetapi banyak juga wisatawan mancanegara yang datang karena terpikat dengan keindahan alamnya. Untuk sobat yang sedang memiliki rencana liburan maka sobat bisa jadikan kabupaten bima sebagai tempat tujuan, berikut ini beberapa tempat wisata terbaru dan terhits di kabupaten bima di tahun 2022.

Simak Tempat Wisata di Kabupaten Bima NTB Terbaru dan Terhits 2022

1. Gunung Tambora
Wisata Gunung Tambora

Bagi sebagian orang khususnya pendaki nama gunung tambora sudah tidak asing lagi. Gunung Tambora sendiri merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di nusa tenggra barat. Bagi sobat yang menyukai petualangan dan pendakian maka sangat rekomen banget untuk mengunjungi gunung yang satu ini. Susana sejuk dan alami dari gunung ini dapat membuat siapapun betah dan bisa menghilangkan kepenatan yang sedang sobat alami.

Jika sobat beruntung maka sobat bisa menyaksikan festival tambora yang diadakan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Pada saat festival tersebut sobat akan melihat berbagai kegiatan seperti pameran budaya dan juga kesenian dari wilayah Nusa Tenggara Barat. Lokasi dari gunung tambora sendiri berada di Jalan Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima.

2. Pulau Kelapa

Destinasi wisata kedua yang saat ini sedang hits di kabupaten bima ialah Pulau Kelapa yang berlokasi di Pulau Kelapa, Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Di pulau ini sobat bisa menyaksikan eksotisme pantai dengan air laut yang jernih yang tentunya membuat mata terpana. Daya tarik lainnya dari pulau ini adalah memiliki pasir pantai yang begitu lembut. Sayangnya untuk bisa menikmati wisata yang satu ini cukup sulit. Pulau Kelapa juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati sunset. Ada dua cara untuk menikmati momen tersebut, bisa dari atas bukit dengan sedikit treking dan juga bisa menikmatinya di pesisir pantai.

3. Pantai Lariti

Pantai Lariti merupakan sala satu pantai yang cukup rekomended untuk sobat kunjungi bersama keluarga. Perlu sobat ketahui bahwa setiap pantai dibima memiliki keunikanya tersendiri. Keunikan dari Pantai Lariti yaitu bisa terbelah dimalam hari. Mengapa bisa begitu ? karena hal tersebut dipengaruhi oleh pasang surut juga terdapatnya sebuah gundukan pasir yang membuat seolah-olah pantai ini terbelah. Di atas gundukan pasir tersebut terdapat sebuah pulau kecil yang dimana pada saat pengunjung kesana bisa menyaksikan pemandangan laut lepas yang indah dan mempesona. Letak dari Pantai Lariti berada di Soro, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima.

4. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Hal tersebut dikarenakan adanya aktifitas vulkanik dari gunung yang ada di sana. Meskipun begitu pulau ini menjadi salah satu wisata terhits yang ada di kabupaten bima. Pulau yang terletak di Jalan Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima ini menawarkan wisata alam yang berupa jalur pendakian menuju dua buah puncak gunung yang masih aktif. Keasrian pulau ini masih sangat terjaga karena tidak banyaknya aktifitas manusia yang dilakukan di pulau ini. Suasana tenang yang dihadirkan pulau ini dapat membuat rasa penat siapapun menjadi lepas atau hilang.

5. Bukit Pundu Nence

Tempat wisata berikutnya yang bisa sobat dan keluarga kunjungi saat berada di bima ialah Bukit Pundu Nence. Sama halnya dengan gunung, bukit sendiri merupakan tempat yang menawarkan pemandangan indah dari atas ketinggian. Akan tetapi ketinggian dari bukit tidak setinggi gunung. Maka untuk sobat yang tidak terbiasa mendaki gunung bisa menjadikan bukit sebagai wisata alternatif. Bukit yang satu ini menjadi lokasi yang tepat untuk sobat menikmati pemandangan matahari terbit dari ufuk timur. Selain itu tiupan angin yang segar dingin juga akan sobat rasakan saat berada di atas bukit ini. Saat berkunjung ke bukit yang satu ini jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan sudut yang berbeda agar bisa sobat upload di media sosial sobat. Lokasi dari Bukit Pundu Nence berada di Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.

6. Museum Asi Mbojo

Selain menikmati keindahan alam dari kabupaten bima, tak lupa juga untuk berkunjung ke tempat-tempat bersejarah agar bisa sedikit menambah pengetahuan dan wawasan. Salah satu wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi saat berada di kabupaten bima adalah Museum Asi Mbojo yang berlokasi di Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kabupaten Bima. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi peninggalan dari kesultanan bima, sobat juga bisa belajar tentang sejarah kesultanan bima. Tak hanya itu saja, gaya dari arsitektur bangunan ini juga terbilang unik dan menarik.

Komentar